Selasa, 03 April 2012

Contoh RPP Geografi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah/Madarasah      : SMA S Handayani
Mata Pelajaran             : Geografi
Kelas/Semester                        : XI/ Genap
Standar Kompetensi     : Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar       : 1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan         pembangunan berkelanjutan
  2. Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator                     : 1. Menguraikan keterkaitan antara lingkungan dan pelestariannya dalam                pembangunan berkelanjutan
                                      2. Menganalisis hubungan pelestarian lingkungan hidup dengan pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit (2 pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup dengan menggunakan minimal satu sumber bacaan
2.      Siswa mampu menguraikan dengan baik keterkaitan antara lingkungan dan pelestariannya dalam pembangunan berkelanjutan dengan memberikan dua dari sekian banyak contoh yang ada di lingkungan ekitar
3.      Siswa dapat menganalisis hubungan pelestarian lingkungan hidup dengan pembangunan berkelanjutan dari studi kasus yang sederhana hingga yang cukup sulit

B.     Materi pembelajaran
1.      Pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
-          Lingkungan hidup
-          Pembangunan berwawasan lingkungan

C.     Metode Pembelajaran
Demonstrasi dan simulasi: Menggerakkan inisiatif, kreativitas guru serta memberdayakan   sumber-sumber administrasi sekaligus merangsang daya fikir siswa untuk mendapat pengalaman langsung


D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1:
A.     Pembukaan
-          Mengucapkan salam
-          Mengecek kesiapan belajar mengajar
-          Apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran
B.     Inti
-          Menggali pengetahuan dasar siswa (eksplorasi) tentang materi pelajaran tentang pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup dengan cara tanya jawab
-          Mendiskusikan pemahaman yang rancu dan kurang sesuai dengan teori yang berlaku (elaborasi)
-          Guru mengecek perolahan siswa selama proses belajar dengan cara tanya jawab tentang materi yang belum terkuasai dengan baik (konfirmasi)
C.     Penutup
-          Menyimpulkan inti materi pelajaran
-          Refleksi
-          Menindak lanjuti materi pelajaran dengan memberikan tugas yang akan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

Pertemuan 2:
A.     Pembukaan
-          Mengucapkan salam
-          Mengecek kesiapan belajar siswa
-          Apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran
B.     Inti
-          Mengumpulkan tugas yang sudah dikerjakan siswa dan membahasnya secara umum
-          Membentuk kelompok diskusi berdasarkan kasus-kasus yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup dengan pembangunan berkelanjutan
-          Memancing siswa untuk mengkonfirmasikan tentang penguasaan materi
C.     Penutup
-          Merangkum inti materi pelajaran dan hasil diskusi
-          Refleksi
-          Menindak lanjuti pembelajran dengan memberikan ulangan harian pada minggu berikutnya



E.      Sumber Belajar
-          Buku paket Geografi kelas XI semester genap
-          Media elektronik disesuaikan dengan fasilits sekolah (OHP, LCD, dll)
-          Sumber belajar online
-          Informasi dari media elektronik dan media massa
-          Pengalaman
-          Pengamatan lingkungan

F.      Penilaian
1.      Penilaian terhadap proses dan hasil presentasi diskusi siwa baik dalam kelompok masing-masing maupun dalam diskusi kelas serta tanggung jawab individu terhadap kelompoknya
2.      Keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab maupun mengkritisi
3.      Test tertulis berbentuk essay dan pilihan ganda


Bandung, 8 Maret 2012
Kepala Sekolah                                                                                                Guru mata pelajaran


Dr. Ahmad Yani, M.Si                                                                                      Ineu Handayani



(Contoh ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Perencanaan dan Pembelajaran Geografi (PPG), tentunya masih banyak kekurangan dan belum mendekati sempurna, mohon kritik dan saran untuk perbaikan ke depannya)

0 komentar :